lingkar

OPTIMALISASI DAN PENGUATAN KARAKTER KREATIF PADA KAMPUNG LINGKAR KAMPUS DENGAN BENTUK PERWUJUDAN SINERGI KAMPUS DAN KAMPUNG DALAM BENTUK KAMPUNG AKADEMIK

OPTIMALISASI DAN PENGUATAN KARAKTER KREATIF PADA KAMPUNG LINGKAR KAMPUS DENGAN BENTUK  PERWUJUDAN SINERGI KAMPUS DAN KAMPUNG DALAM BENTUK KAMPUNG AKADEMIK

Kampung lingkar Kampus adalah ruang kampung masyarakat ring satu , yang tentunya ini harus kuat karakter dengan menggali potensi kampung tersebut utamanya potensi kampung yang kuat dengan aspek pendidikan. Hal ini  dikarenakan kampung lingkar kampus ini merupakan kawasan yang mempunyai ruang strategis dalam strata budaya urban di kota malang utamanya dalam dinamika masyarkat sekitar dan mahasiswa.

Disusun oleh: Redy Eko Prastyo

 

Ekonomi kreatif harus menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia.
Arahan Bapak Presiden RI

ri

Sustainable Development Goals
Make Academic villages and human settlements inclusive, safe, resilient and sustainable

ri 2

Indikator;
Sumber Daya Manusia

Welas Asih/sudut pandang budaya

´  Memiliki data kegiatan berbasis sinergi program akademik dan budaya yang terukur dengan Masyarakat kampung lingkar kampus.

´  Masyarakat sejahtera dan bahagia.

´  Kebutuhan dasar masyarakat terpenuhi (nilai-nilai budaya dan ekonomi mandiri ).

´  Masyarakat yang dilindungi oleh payung hukum.

´  Kampus,Akademisi, Mahasiswa,Pemerintah kabupaten-kota memiliki political will yang mengafirmasi nilai welas asih.

´  Masyarakat yang partisipatif.

Hak Asasi Manusia

´  -Terbentuknya Kampung Akademik yang mampu mendorong partisipasi masyarakat dan akdemisi/Mahasiswa secara konsisten/stabil dengan ruang kampung lingkar kampus

´  -Terbentuknya kemitraan antar stakeholder (tokoh masyarakat,pemerinta kota,rektor)

´  Para pemangku kepentingan berperan optimal serta mengembangkan pengetahuan secara mandiri berdasar kebutuhan dan realitas lokal budaya nya.

Indikator;
Lingkungan Binaan

´  Adanya lembaga atau organisasi di kampung yang mampu menaungi tindakan pelestarian lingkungan,ruang kajian budaya sebagai representasi intelektual, mengkoordinasikan kerjasama antar stakeholder (quartohelix), memfasilitasi pembangunan sarpras dan SDM, mengawal proses pelestarian alam, mampu membangun kerjasama antar Kampung, antar kota/kabupaten, serta antar pelaku produk kreatif dari hulu sampai hilir.

´  Terselenggaranya berbagai event/festival di ruang publik yang berkontribusi bagi masyarakat,terutama sinergi ivent kampung lingkar kampus dan kampus-kampus yang berdekatan.

Program;

´  Pemetaan potensi dan permasalahan budaya Kampung lingkar kampus dengan metode social engenering dengan bentuk atau aplikasi Kampung Akademik

´  Pemetaan aktor yang berhubungan dengan potensi dan permasalahan Budaya kampung sekitar kampung sehingga menjadi formulasi efektif menjadi pengkayaan geliat kampung dengan kampus sekitar.

´  Kampanye dan diseminasi informasi mengenai lokalitas budaya kampong Akademik sekitar.

´  Memberikan apresiasi pada inovator kreatif unggulan yang berhasil mensinergikan proses kreatif dengan lingkungan dan Budaya dalam perspektif ruang Kampung Lingkar Kampus

´  Program konsolidasi dan audit secara berkala dan berkelanjutan terhadap regulasi/standar yang sudah ada untuk mewujudkan

´  Penyusunan direktori kearifan lokal  yang berstandar pada nilai welas asih dan gotong royong.

´  Perumusan strategi kebudayaan yang dapat menjadi rujukan bagi pemerintah daerah/Lembaga/institusi pendidikan/Militer yang terus berganti.

´  Mendorong partisipasi aktif warga dalam proses pembangunan melalui pembentukan dan pemberdayaan komunitas kampung lingkar kampus.

´  Penelitian dan pengarsipan sumber sejarah sebagai basis produksi pengetahuan lokal dan Budaya Lokal.

´  Pengembangan kurikulum muatan lokal untuk menyebarkan pengetahuan kearifan lokal.

´  Tata kelola yang baik, akuntabel, terbuka dan kolaboratif

´  Ketersediaan sarana dan prasarana yang memungkinkan penerapan energi terbarukan di semua tataran pemangku kepentingan yang ada.

´  Pembuatan Aplikasi yang berbasis Online base ( website,android ap dll )

´  Membuat sistem kerjasama berkala karang taruna melalui beasiswa kampus,dengan syarat warga yg dapat beasiswa WAJIB untuk aktif di Karangtaruna atau aktif di lembaga Kampungnya.

Prinsip Kampung Lingkar Kampus :

´  adalah kampong yang welas asih. Kampung yang menjunjung keanekaragaman sosial budaya berdasar dalam tri dharma perguruan tinggi  yang berpijak pada nilai silih asih, silih asah dan silih asuh;

´  Kampung yang inklusif. Kampung  terbuka yang memuliakan nilai-nilai kemanusiaan serta menumbuh kembangkan semangat kebersamaan, solidaritas dan perdamaian dunia.

´  Kampung yang melindungi hak asasi manusia. Kampung yang membela segenap hak ekonomi, sosial dan budaya masyarakatnya.

´  Kampung yang memuliakan kreativitas masyarakatnya. Kampung yang memanfaatkan dan mengembangkan kecerdasan, kearifan lokal, ketrampilan, daya cipta, serta kemampuan nalar, ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai landasan penciptaan serta inovasi.

´  Kampung yang tumbuh bersama lingkungan Kampus yang lestari, yang hidup selaras dengan dinamika lingkungan dan alam sekitar.

SITE MAP KAMPUNG AKADEMIK UB

SITE MAP KAMPUNG AKADEMIK UB 2

Leave a Reply